Tuesday, October 21, 2008

Information System & Informatics Engineering

Pada dasarnya curriculum computer di dunia dibagi menjadi lima jurusan , yaitu: Computer Engineering (CE, Teknik Komputer), Computer Science (CS, Ilmu Komputer), Information Systems (IS, Sistem Informasi), Information Technology (IT, Teknologi Informasi), Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak).

Namun diIndonesia mengenal tiga jurusan saja, yaitu :

  • Computer Science untuk jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.
  • Computer Engineering untuk jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer bahkan dalam jurusan teknik elektro kita bisa mendapatkan prodi CE.
  • Information System untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatik
Sedang untuk software engineering dan information technology dimasukkan dalam prodi jurusan informatika atau ilmu computer.
Banyak orang yang bingung membedakan antara informatika dengan sistem informasi. Sebenarnya kedua jurusan ini sangat berbeda.

Computer Science (informatika) mempelajari tentang bagaimana mengembangkan robotika, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya. Mereka harus sangat menguasai bahasa pemrograman.

Information Systems (IS) mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien dengan bantuan IT.
Jadi bisa dibilang bahwa dalam SI kita juga mempelajari ilmu management operational, akuntansi /keuangan, bahkan proses marketing yang semuanya itu diterapkan dalam teknologi (IT). SI menghubungkan antara IT dengan proses bisnis.
Jika dalam perusahaan orang SI-lah yang menangani management IT.
Sedang untuk Teknik Informatika diharapkan kedepannya menjadi programmer atau ilmuwan komputer.
Inilah sekilas uraian tentang perbedaan teknik informatika dengan sistem informasi. Untuk tingkat kesulitan tergantung pada individunya. Tapi yang paling penting, kedua jurusan ini memiliki porsi sendiri-sendiri dan batasan pada ruang keahlian masing-masing.

0 comments: